Genre : Historical fiction

Format : TV Series

No. of eps : 54

Broadcaster : MBC

Created by : Yeong Hyeon-kim

Directed by : Kim Keun Hong

Sinopsis

Suh Jang-geum adalah putri seorang mantan panglima kerajaan Suh Chun-soo dan dayang istana Park Myeong-yi. Ayah dan ibunya sendiri bertemu secara kebetulan, Myeong-yi tersingkir dari istana karena mengetahui konspirasi yang dilakukan oleh keluarga Choi.

Nyaris tewas diracuni, wanita itu ditolong oleh sahabat baiknya Han Ae-jong sampai akhirnya bertemu dan menikah dengan Chun-soo, yang juga memendam masa lalu pilu. Diramal bakal bertemu oleh tiga wanita yang bakal menentukan hidupnya, pria itu akhirnya mengorbankan jiwanya demi menyelamatkan putrinya dan sang istri.

Jang-geum malah harus hidup sebatang kara setelah Myeong-yi meninggal akibat panah anak buah mantan sahabat yang menjadi rivalnya dayang Choi Sang-gong. Namun nasib baik masih mengiringinya, ia diangkat anak oleh pasangan Kang Deok-goo dan Na Joo-daek. Selain itu, nasib juga membawanya bertemu dengan pria yang belakangan menjadi raja Jeong-jong.

Menempuh pendidikan di istana sebagai calon dayang, Jang-geum besar di istana serta memiliki dua sahabat : Choi Geum-young dan Lee Yeon-seng. Ia dirawat oleh Dayang Han, tanpa tahu bahwa wanita itu adalah sahabat baik ibunya. Setelah melewati berbagai rintangan, sang guru berhasil menduduki jabatan Dayang Utama.

Kebahagiaan Jang-geum semakin lengkap setelah identitas Dayang Han terbongkar, namun hal itu tidak berlangsung lama. Dayang Choi yang haus kekuasaan akhirnya berhasil menyingkirkan seterunya lewat insiden bebek sulfur yang membuat sakit Raja semakin parah.

Kejadian itu membuat Dayang Han dan Jang-geum, yang memiliki talenta diatas rata-rata dalam memasak, harus tersingkir dan dibuang ke pengasingan. Dalam perjalanan, sang guru yang begitu dihormati meninggal dunia. Keruan saja, hal ini membuat gadis itu putus asa dan berulang kali berusaha kabur untuk kembali ke istana.

Tapi, pertemuan dan perkenalan dengan tabib wanita bernama Jang-do kembali mengubah arah hidup Jang-geum. Dasar memiliki bakat luar biasa, ia mulai menerima nasib dan belajar ilmu obat-obatan dengan keras. Hasilnya, gadis itu berhasil kembali ke istana dengan status baru : tabib kerajaan.

Ketika kembali, ia mendapati semua sudah berubah : Dayang Choi dan Geum-young telah menduduki posisi puncak (dibantu oleh kaki tangan mereka Yong-ro), sementara Dayang Min dan Ah Jang yang dulu berpihak pada mendiang Dayang Han tersia-sia. Nasib Yeong-seng jauh lebih baik, ia diangkat menjadi selir Raja.

Kembalinya Jang-geum ke istana keruan saja membuat musuh-musuhnya kaget, terutama Dayang Choi yang telah tahu siapa gadis itu sebenarnya. Lewat kerja sama dengan Perdana Menteri dan kakaknya Choi Pan-sool, ia berusaha menyingkirkan Jang-geum dan salah satu pejabat yang karirnya cepat melesat dan bersimpati pada gadis itu Min Jeong-ho.

Berkat taktik Jeong-ho, yang ahli strategi, Jang-geum akhirnya berhasil menyingkap kebusukan keluarga Choi sekaligus membersihkan nama mendiang ibu dan gurunya. Keluarga Choi yang telah turun-temurun menguasai dapur kerajaan akhirnya terusir, dan dayang Choi tewas setelah sebelumnya sempat meminta ampun didepan makam Park Myeong-yi.

Intrik ternyata tidak hanya berhenti disitu, Raja yang telah mempercayai Jang-geum (dan belakangan jatuh cinta) mengangkatnya sebagai Tabib Agung. Hal itu sudah tentu mencuatkan protes, sebab dimasa itu tidak ada satu wanita pun yang pernah menduduki posisi puncak. Yang menyedihkan, orang-orang yang sebelumnya menjadi sekutu Jang-geum berbalik melawannya.

Meski sudah menjalankan tugas sebaik-baiknya, Jang-geum akhirnya tidak berhasil menyelamatkan nyawa Raja yang telah sakit parah. Di saat akhir, sang atasan mengirimnya keluar dari kerajaan ditemani Jeong-ho karena sadar setelah meninggal, tidak ada yang bisa menyelamatkan nasib Jang-geum.

Beberapa tahun telah berlalu, Jang-geum hidup tenang bersama Jeong-ho dan memiliki seorang putri yang sama cerdasnya sambil terus mengobati orang-orang. Hidup sama seperti ayah-ibunya yang jadi pelarian, mereka akhirnya tertangkap oleh para pengawal kerajaan. Namun berbeda dengan sebelumnya, rupanya kesalahan Jang-geum dan Jeong-ho telah dimaafkan.

Reuni antara keduanya dan Permaisuri, Yeon-seng yang telah bergelar selir Soo-waen dan para sahabat lama berlangsung mengharukan. Meski namanya telah dibersihkan dan dijanjikan untuk kembali menjabat sebagai Tabib Agung, Jang-geum akhirnya memilih untuk hidup tenang bersama Jeong-ho dan putrinya di desa sambil menjalankan panggilan hidup yang sebenarnya : mengobati mereka yang membutuhkan.

Cuplikan drama Dae Jang Geum/Jewel in the Palace

Analisis

Ide Cerita

Diambil dari kisah seorang kepala tabib perempuan istana pertama yaitu Jang Geum di masa pemerintahan raja Junjong pada dinasti Joseon. Serta segala intrik politik yang terjadi didalam istana.

Karakter Drama dan Sejarahnya.

Lee Young-ae as Jang Geum

Karakter drama Dae Jang Geum. Merupakan tokoh utama dalam drama ini. Dia adalah seorang wanita yang cantik dan pintar. Sejak orangtuanya meninggal selama pembantaian politik, dia banyak mengalami kesulitan dan hambatan di istana namun dia tetap bertahan dengan tekun dan tekad yang kuat. Dengan semangatnya yang tinggi Jang Geum berusaha untuk mencapai tujuannya. Dengan kepintarannya dia dengan cepat belajar keahlian medis dan menyembuhkan orang yang sakit dengan pengetahuannya. Akhirnya dia diangkat menjadi tabib istana wanita pertama dengan tingkat 3. Dimana pada masa dinasti Joseon hal tersebut belum pernah terjadi sebelumnya.

Sejarah. Pada awal abad 16 ada seorang kepala tabib istana perempuan dengan tingkat 3 di dinasti Joseon pada pemerintahan Raja Junjong. Dia diberikan gelar Dae (yang artinya besar dalam bahasa korea) didepan namanya. Namanya disebutkan sebanyak 7 kali dalam catatan sejarah dinasti joseon. Raja Junjong sangat percaya dengan keahlian medis Jang Geum sehingga menjadikannya tabib untuk mengurus keluarga kerajaan.

Jang Geum juga disebutkan dalam buku “Yi dinasti, Medis Officer Jurnal” yang berisi “Lady Jang Geum yang asal usulnya tidak dapat ditelusuri, menerima hak untuk disebut Dae Jang Geum berdasarkan sebuath dekrit yang dikeluarkan oleh Raja Jungjong, pada tahun ke-18 masa pemerintahannya (1524-1525). Pada masa itu tidak ada tabib wanita yang mengobati raja. Karena raja percaya dengan keahliaannya dalam mengobati penyakit dengan makanan maka dia berhak memakai nama “Dae” di depan namanya. Tentunya hal ini akan membuatnya tercatat di dalam buku-buku

Namun menurut buku Babat dinasti Joseon (catatan sejarah yang ditulis pada masa Joseon), serta dokumen medis pada abad 16 dia merupakan tabib wanita satu-satunya di Korea. Penjelasan dan rujukan mengenai Jang Geum sangat sedikit dan singkat.

Meskipun sumber-sumber tersebut menyatakan bahwa Dae Jang Geum adalah tokoh nyata. Namun sampai saat ini tokoh tersebut masih menjadi perdebatan dikalangan pelajar mengenai keberadaanya.

Ji JIn-hee as Min Jung-ho

Karakter Drama Min Jung-ho. Dia adalah Pria yang berpendidikan, cerdas dan tampan. Ia seorang sarjana yang luar biasa, selain pandai dalam ilmu pengetahuan dia pun pandai seni bela diri. Dia adalah hakim Hang Sung Boo, kementrian yang mengatur urusan ibukota Hang Sung. Dia bertemu dengan Jang Geum saat dirinya tertembak. Jang Geum pun menyelamatkan hidupnya, lalu tanpa sadar diapun mulai jatuh cinta kepada Jang Geum.

Sejarah. Tokoh ini merupakan tokoh fiksi, tidak terdapat dalam sejarah. Tokoh ini dibuat untuk menampilkan adegan romansa antara Min Jung-ho dan Dae Jang Geum. Merekapun saling jatuh cinta lalu  menikah dan mempunyai anak.

Hong Ri-na as Choi Geum Young

Karakter drama Choi Geum-young. Seorang yang ambisius dan arogan. Dia memulai kehidupan di istana sebagai keponakan lady Choi. Meskipun dia dari kelompok Choi, namun dia tidak dapat menerima cara-cara licik yang dilakukan kelompok Choi untuk mendapatkan kekuasaan. Walaupun seperti itu dia tetap tidak bisa menjadi dirinya sendiri karena pengaruh Lady Choi.

Sejarah. Agar Drama ini menjadi seru dan menegangkan dibuatlah tokoh fiksi Choi Geum-young sebagai rival Jang Geum di istana pada saat dia menjadi dayang istana untuk memasak makanan keluarga kerajaan.

Im Ho as King Jungjong

Karakter Drama Raja Jungjong. Pria yang lembut, baik dan juga ragu-ragu dalam mengambil tindakan. Setelah istri pertamanya meninggal karena bunuh diri diakibatkan masalah politik dia menutup dirinya dan dirundung duka yang mendalam. Dia pun sadar bahwa dirinya hanyalah boneka para mentri dan dia tidak berdaya dalam menyelamatkan istrinya. Raja mengenal Jang Geum ketika dirinya sedang melakukan reformasi terhadap politik. Dia menyukai kepribadian Jang Geum yang hangat serta bakatnya yang luar biasa dibidang pengobatan. Dia menemukan seseorang yang dapat diajak bicara dan untuk pertama kalinya dia membuka hatinya kembali dan jatuh cinta kepada Jang Geum.

Sejarah. Raja Jungjong adalah raja ke-11 dinasti Joseon pada tahun 1506-1544. Dia adalah raja yang lemah dan mampu diperalat oleh para mentrinya. Pada masa pemerintahannya banyak terjadi kekerasan, korupsi dan segala intrik politik lainnya. Jungjong juga menunjuk Jang Geum sebagai Dokter pribadinya, padahal pada masa itu perempuan tidak dibolehkan untuk mengobati raja.

Yang Mi-kyung as Lady Han

Karakter Drama Han Sang Gung. Dia adalah guru Jang Geum saat menjadi dayang di biro masak. Memiliki kepribadian yang baik hati, tegas dan teguh pada pendiriannya. Dia adalah sahabat karib ibu Jang Geum, sangat menyesal karena tidak dapat menyelamatkan temannya. Dia memiliki bakat kuliner yang sangat baik dan mampu mengidentifikasi bahan-bahan apa saja yang ada didalam piring.

Sejarah. Karakter ini adalah tokoh fiksi yang dibuat untuk membantu Jang Geum di istana. Dia adalah guru/mentor Jang Geum dalam menjadi Dayang di biro memasak, serta sahabat dari ibu Jang Geum.

Kyeon Mi-ri as Lady Choi

Karakter Drama Choi Seong Geum. Dia adalah bibi dari Geum Young dan pemimpin paling tinggi di biro memasak. Sifatnya licik, sombong dan melakukan apa saja agar keinginannya tercapai. Mampu berpikir tajam dan cepat dalam bertindak membuatnya selangkah lebih maju dalam melawan Jang Geum dan Han Sang Gung.

Sejarah. Karakter ini adalah tokoh fiksi yang dibuat sebagai tokoh antagonis, yaitu rival dari Han Sang Gung dan Jang Geum. Dia membantu keponakannya Geum Young dalam menyingkirkan Jang Geum di istana.

Referensi

http://en.wikipedia.org/wiki/Dae_Jang_Geum

http://en.wikipedia.org/wiki/Jang_Geum

http://en.wikipedia.org/wiki/Jungjong_of_Joseon