Genre : Romance, Period, Action, Tragedy

Format : TV Series

No of episode : 24 episode

Written by : Kwon Ki Young

Directed by : So Jung Hyun

Broadcaster : KBS

Sinopsis

Kisah drama saeguk produksi KBS Korea yang bertajuk The Princess Man ini mengingatkan kita pada sebuah kisah cinta tragis Romeo dan Juliet dari karya Shakespeare. Drama ini mengambil masa dinasti Joseon (Chosun), tepatnya dalam masa pemerintahan Raja Munjong dan putranya, Danjong pada pertengahan abad ke-15. Selain plot kisah cinta, drama tersebut juga diwarnai plot intrik perebutan tahta kerajaan.

Drama ini dimulai pada tahun 1453 ketika Pangeran Suyang (Kim Young-chul) membunuh perdana menteri Kim Jong-seo (Lee Soon-jae) dan adiknya sendiri, Pangeran Anpyung (Lee Joo-suk) dalam sebuah kudeta agar ia bisa menjadi raja ketujuh dinasti Joseon yang kelak dikenal dengan nama Raja Sejo (1455-1468).

Cerita lalu bergulir pada setahun sebelum kudeta tersebut, Kim Jong-seo adalah pengikut setia yang paling kuat dan paling dipercaya oleh Raja Munjong (Jung Dong-hwan). Saat itu ia adalah wakil perdana menteri yang juga seorang jenderal. Tidak heran jika Pangeran Suyang berusaha menjalin aliansi politik dengan Kim Jong-seo dengan menjodohkan putri sulungnya, Putri Lee Se-ryung (Moon Chae-won) dengan putra Kim Jong-seo yang bernama Kim Seung-yoo (Park Si-hoo).

Namun Raja Munjoong tahu niat adiknya sehingga berusaha menghalangi Suyang dengan membuat ikatan lebih kuat dengan Kim Jong-seo yaitu perjodohan Seung-yoo dan anak perempuan Raja Munjoong yang bernama Putri Kyung-hye (Hong Soo-hyun). Hal itu dilakukannya untuk melindungi raja berikutnya, Pangeran Danjong (No Tae-yub) yang masih kecil. Kim Jong-seo menerima tawaran itu sehingga membuat marah Suyang.

Tidak heran jika Suyang dan Kim Jong-seo pun saling bermusuhan. Permusuhan politik yang sengit itu menjadi lebih rumit lantaran Seung-yoo yang tidak tahu dirinya dijodohkan dengan wanita lain itu ternyata saling jatuh cinta dengan Putri Se-ryung. Ketertarikan mereka dimulai ketika Seung-yoo menyelamatkan Se-ryung dari kecelakaan kuda yang dialami sang putri itu.

Wajar jika Se-ryung jatuh hati kepada Seung-yoo lantaran tidak hanya pemuda itu ganteng, namun juga bijaksana dan memiliki kualitas seorang bangsawan. Sedangkan Seung-yoo mencintai Se-ryung karena gadis itu periang, penuh semangat dan penuh rasa ingin tahu yang besar dan berkepribadian tegas. Tetapi tunangan Seung-yoo, Putri Kyung-hye tidak terima jika pria tersebut mencintai gadis lain.

Pangeran Suyang yang khawatir jika perjodohan Seung-yoo dengan Putri Kyung-hye akan mengancam kesempatannya untuk mengambil alih tahta kerajaan sehingga mengirim para pembunuh bayaran untuk membunuh Seung-yoo. Rupanya Suyang belum tahu kalau putrinya dan Seung-yoo saling mencintai. Kisah cinta dan intrik politik itu makin ruwet dengan pengkhianatan sahabat karib Seung-yoo, Shin Myun (Song Jong-ho) yang diam-diam mencintai Se-ryung.

Cuplikan Drama the princess’s man

Analisis

Ide cerita

Ide cerita dari drama ini diambil dari pertikaian politik antara pangeran Suyang dan perdana mentri Kim Jong Seo. Pangeran Suyang berusaha merebut tahta Raja Danjong setelah raja Munjong meninggal dunia. Tetapi jalannya terganjal oleh perdana mentri Kim Jong Seo yang berusaha melindungi tahta raja Danjong.  Tidak hanya Kim Jong Seo yang berusaha melindungi raja Danjong adiknya pun pangeran Anpyeong ikut membantu. Dia melakukan kudeta dan akhirnya dia membunuh Kim Jong Seo pada bulan Oktober tahun 1453. Tidak hanya itu dia juga mengasingkan adikya Anpyeong dan membiarkannya sampai mati. Akhirnya dia menjadi raja dinasti joseon yang ke-7 setelah Danjong menyerahkan tahtanya kepada pamannya. Danjong pun dibunuh dengan racun.

Menurut pendapat saya dilihat dari ciri-cirinya drama ini termasuk drama fusion saeguk. Ada penambahan cerita romansa dalam drama ini, romansa antara Kim Seung Yoo dan Lee Se Ryung dimana orang tua mereka bertikai politik yaitu Suyang dan Kim Jong Seo. Drama ini dibuat seperti kisah Romeo dan Juliet. Karakter Kim Seung Yoo dan Lee Se Ryung tidak tercatat dalam sejarah. Penambahan karakter ini sepertinya dibuat agar drama ini lebih menarik dan tidak membosankan untuk ditonton oleh anak muda.

Karakter Drama dan Sejarahnya

Park Shi-hoo as Kim Seung Yoo

Karakter Drama Kim Seung Yoo. Anak kedua dari perdana mentri Kim Jong Seo. Dia adalah guru istana yang periang, suka menghabiskan waktu untuk bersenang-senang dengan wanita dan teman-temannya yaitu Shin Myeon dan Jung Jong. Menurut gurunya dia seperti playboy tapi dia berhati baik dan rela mengorbankan dirinya sendiri untuk temannya. Dia bertemu Se-ryung di istana ketika dia mengajar putri dan Se-ryung berpura-pura menjadi putri. Diapun jatuh cinta kepada Se-ryung. Raja memilihnya sebagai suami putri, diapun senang karena putri yang ada dipikirannya adalah Se-ryung. Akibat dijebak diapun gagal menjadi suami putri. Pada akhirnya dia tahu bahwa Se-ryung adalah anak dari pangeran Suyang yang telah membunuh ayah dan kakaknya. Dia pun berubah menjadi pribadi yang kejam dan ingin balas dendam pada Suyang.. Cinta dapat mengalahkan dendam akhirnya dia menyerah untuk membunuh Suyang dan hidup dengan damai bersama Se-ryung.

Sejarah.Karakter ini tidak tercatat dalam sejarah. Karakter ini dibuat untuk menambah kisah romansa untuk drama ini agar tidak membosankan untuk ditonton

Moon Chae Won as Lee Se-ryung

Karakter Drama Lee Se-ryung. Anak tertua dari pangeran Suyang. Mempunyai pribadi yang ceria, manis dan suka berpetualang. Ketika dia mengetahui akan dijodohkan oleh Kim Seung Yoo dia membujuk putri agar bertukar tempat dengan dirinya untuk belajar bersama Kim Seung Yoo. Dilanda penasaran yang hebat seperti apa calon suaminya diapun menyuruh Kim Seung Yoo untuk menyingkap tirai. Diapun sadar telah jatuh cinta dengan Seung Yoo. Namun akibat pertikaian politik yang hebat antara kedua orang tuanya diapun gagal untuk menikah dengan Seung Yoo dan dijodohkan kembali oleh Suyang dengan Shin Myeon sahabat terbaik Seung Yoo. Diapun mengetahui segala kejahatan ayahnya dia balik melawan ayahnya.

Sejarah. Sama seperti Kim Seung Yoo karakter ini tidak tercatat dalam sejarah. Karakter ini dibuat untuk menambah kisah romansa untuk drama ini agar tidak membosankan untuk ditonton

Song Jong-ho as Shin Myeon

Karakter drama Shin Myeon. Chief hakim dari biro ibukota. Karakternya pendiam dan serius. Ketika menyelamatkan Kim Seung Yoo dan Lee Se-ryung dari serangan penjahat, dia melihat Lee Se-ryung sebagai pribadi yang menarik. Kemudian ayahnya memutuskan untuk mendukung pangeran Suyang sehingga menjodohkannya dengan Se-ryung. Namun Se-ryung tidak menyukai Shin Myeon yang telah berkomplot dengan ayahnya untuk membunuh keluarga Kim Seung Yoo. Hal ini membuat Shin Myeon cemburu dan rela membunuh temannya Seung Yoo agar mendapatkan Se-ryung.

Sejarah. Sama seperti 2 karakter sebelumnya karakter ini dibuat untuk membumbui kisah romansa antara Kim Seung Yoo dan Lee Se-ryung. Adanya cinta segitiga lebih membuat drama ini semakin menarik.

Hong Soo Hyun as Princess Kyung Hye

Karakter Drama Princess Kyung Hye. Dia adalah teman dan sepupu dari Se-ryung. Sangat dimanja oleh ayahnya raja Munjong dan dipuja oleh masyarakat bahwa dia adalah wanita paling cantik di Joseon. Mengetahui penyakit ayahnya serta ancaman dari pangeran Suyang terhadap tahta adiknya yaitu raja Danjong dia semakin yakin ingin bersekutu dengan Kim Jong Seo dengan menikahi anaknya Kim Seung Yoo. Dia berusaha memisahkan Seung Yoo dengan Se-ryung tetapi dia gagal karena Suyang melakukan itrik politik terhadap Seung Yoo. Akhirnya dia terpaksa menikahi Jung Jong. Suyang menghancurkan sekutu Kyung Hye satu persatu dan akhirnya dia memilih untuk hidup damai bersama Jung Jong. Setelah Jung Jong meninggal dia pun melahirkan anak mereka.

Sejarah. (1436 – December 30, 1473) karakter ini tercatat dalam sejarah sebagai anak perempuan kedua dari raja munjong. Menikah dengan Jung Jong pada tahun 1461 anak dari Chung Jeong-gyeong pejabat militer Yeongyang.

Lee Min Woo as Jung Jong

Karakter Drama Jung Jong.Merupakan teman dari Seung Yoo dan Shin Myeon, dia terlibat hutang karena harus membiayai ibunya yang sedang sakit. Pada saat pelariannya dari penagih hutang dia masuk kedalam tandu yang membawa putri, diapun jatuh cinta pada pandangan pertama. Nasib baik menghampirinya dia terpilih menjadi suami putri Kyung Hye dan pendamping pangeran mahkota. Melihat pangeran Suyang yang terus mengancam tahta Raja Danjong, diapun sadar tidak dapat berdiam diri dan bersikap netral. Ditengah hubungan yang membaik bersama istrinya hidupnya terancam karena melawan pangeran Suyang.

Sejarah. Karakter ini terdapat dalam catatan sejarah. Jung Jong menikahi Putri Kyung Hye pada tahu 1461. Anak dari Chung Jeong-gyeong pejabat militer Yeongyang. Saya tidak dapat menemukan lebih detail tentang sejarah Jung Jong.

Kim Yeong-cheol as Grand Prince Suyang/King Sejo

Karakter Drama Pangeran Suyang/Raja Sejo. Adik dari Raja Munjong ini memiliki obsesi terhadap tahta raja. Seorang politikus yang kejam dan tidak akan mengampuni orang yang berbeda pendapat dengannya. Dia sangat menyayangi anak sulungnya Se-ryung, tetapi ketika mengetahui anaknya jatuh cinta kepada anak musuhnya dia pun tidak segan-segan untuk membunuh Kim Seung Yoo beserta keluarganya. Dia pun semakin brutal dalam membunuh semua pendukung raja Danjong dan memaksannya untuk turun tahta. Dia menjadi raja ke-7 dinasti Joseon Raja Sejo. Ketika dia menangkap Seung Yoo dan ingin membunuhnya, istrinya mengatakan bahwa Seung Yoo sudah mati dan Se-ryung bunuh diri. Hal itu dilakukan istrinya untuk menyelamatkan anaknya. Pada akhirnya diapun menjadi kakek dari anak Se-ryung dan Seung Yoo.

Sejarah pangeran Suyang/Raja Sejo. Lahir pada tahun 1417 dengan nama Yi Yu. Anak kedua dari Raja Sejong. Dia memiliki bakat dibidang memanah, menunggang kuda dan seni bela diri. Dia juga komandan militer yang cerdas walaupun dia belum pernah pergi ke medan perang. Dia menjadi Grand Prince Suyang pada tahun 1428. Dia melakukan kudeta terhadap raja Danjong karena menurutnya raja tersebut masih terlalu muda untuk menjalankan pemerintahan. Dia pun menjadi raja ke-7 dinasti Joseon pada tahun 1455-1468. Dan membunuh Danjong beserta para pendukungnya dengan racun. Walau telah merebut tahta keponakannya sendiri, dia dapata membuktikan bahwa dia mampu menjalankan pemerintahan dengan baik. Dia memperkuat monarki yang dibangun raja Taejong dengan memperlemah kekuatan perdana mentri dan membawa staf langsung dibawah kendali raja. Dia juga memperkuat sistem administrasi, yang juga telah diperkenalkan oleh Taejong, memungkinkan pemerintah untuk menentukan jumlah populasi yang tepat dan efektif untuk memobilisasi pasukan. Sama seperti Taejong, dia adalah seorang yang tegas berkaitan dengan kebijakan luar negeri, menyerang Jurchen di bagian depan utara di tahun 1460dan 1467. Dia juga merevisi peraturan tanah untuk meningkatkan perekonomian nasional. Yang paling penting, ia menyusun Kode yang lengkap untuk Administrasi Negara, yang menjadi landasan administrasi dinasti dan memberikan bentuk pertama dari hukum konstitusional dalam bentuk tertulis di Korea. Dia meninggal pada 1468, dan tahta diberikan kepada anaknya yang lemah, Yejong.

Lee Soon-jae as Kim Jong Seo

Karakter Drama Kim Jong Seo. Perdana mentri yang cerdas dan penasihat terpercaya dari raja Munjong. Dia menolak permintaan Suyang untuk menikahkan kedua anak mereka yang berakibat pada kematiannya beserta keluarganya.

Sejarah. Kim Jong Seo adalah perdana mentri yang dipercaya dan setia kepada raja Munjong. Dia berusah melindungi tahta Raja Danjong dari ancaman Suyang, setelah Raja Munjong meninggal. Namun dalam usahanya untuk melawan Suyang diapun dibunuh oleh Suyang pada tahun 1453.

Referensi

http://www.korea.net/NewsFocus/Culture/view?articleId=99289

http://en.wikipedia.org/wiki/Princess%27_Man

http://en.wikipedia.org/wiki/Sejo_of_Joseon

http://en.wikipedia.org/wiki/Munjong_of_Joseon