Genre : Drama, History

Format : Tv Series

No of episode : 77 episode

Broadcaster : MBC

Written by : Kim Yi-yeong

Directed by : Kim Keun-hong

Sinopsis

Yi San mengisahkan tentang kehidupan raja korea, Jeongjo, raja ke-22 dari dinasti Joseon. Jeongjo dikenang dalam sejarah Korea sebagai raja yang bersimpati terhadap penderitaan rakyat jelata.

Drama ini dimulai dari Raja Jeongjo saat masih kecil, beserta kedua temannya yang bekerja di istana yang kemudian diusir dari istana karena mereka membantu pangeran untuk menolong ayahnya. Raja Yeongjo (Kakek Jeongjo) mengurung ayah Jeongjo (Pangeran mahkota Sado) didalam peti penyimpanan beras tanpa diberi makanan maupun minuman, karena raja Yeongjo takut bahwa pangerah mahkota Sado telah merencanakan pemberontakan. Jeongjo ingin menolong ayahnya dengan bantuan temannya yaitu seong Song-yeon dan Park Dae Su dengan cara memohon kepada Yeongjo untuk memaafkan ayahnya.

selanjutnya drama ini berlanjut ke Jeongjo setelah dewasa, ketika dia dan teman-temannya kembali menjalin kontak satu sama lain setelah berpisah selama 9 tahun. Selama Jeongjo menjadi putra mahkota, dia terancam dalam berbagai intrik di istana.

Jeongjo mulai jatuh cinta kepada teman masa kecilnya Seong Sung-yeon. Pada akhirnya ia menjadi raja dan Seong Sung-yeon menjadi selirnya.

Cuplikan Drama Yi San/Wind of the Palace

Analisis

Ide Cerita

Ide cerita diambil dari kisah perjalanan Yi San/Raja Jeongjo dari masa kecil, lalu menjadi pangeran mahkota dimana dia harus bertahan di istana dengan banyak musuh yang ingin menggulingkannya termasuk bibi dan nenek tirinya sendiri yaitu putri Hwawan dan ratu Jeongsun. Pada akhirnya dia bisa menjadi raja dinasti Joseon yang ke-22. Dilihat dari ciri-cirinya drama ini termasuk drama saeguk karena menceritakan sejarah dari raja Jeongjo dan karakter utama dalam drama inipun ada dalam catatan sejarah.

Karakter Dalam Drama dan sejarahnya

Karakter Drama Yi san. Dia adalah karakter protagonis utama dalam drama ini. Dia adalah anak satu-satunya dari putra mahkota Sado dan Lady Hyegyeong. Mempunyai sifat yang sangat baik dan murah hati. Dia sangat prihatin terhadap nasib rakyat jelata.

Sejarah. Yi San/Raja Jeongjo (22 September 1752 – 28 June 1800), adalah raja ke-22 dari Dinasti Joseon. Dia melakukan berbagai upaya untuk mereformasi dan memperbaiki kondisi bangsa Joseon. Dia dianggap sebagai salah satu penguasa paling sukses di masa Joseon. Dia mengontrol semua politik untuk memajukan negara Joseon. Dia membuat berbagai reformasi diantaranya mendirikan perpustakaan kerajaan yang disebut Kyujanggak dengan tujuan meningkatkan budaya dan politik di Joseon dan merekrut orang berbakat untuk menjalankan pemerintahan. Dia juga membuat peraturan baru agar rakyat jelata dapat bekerja dipemerintahan.

Han Ji-min as Sung song-yeon

Karakter drama Seong Song-yeon.

mempunyai pribadi yang cantik, baik dan pintar. Dia adalah teman masa kecil Yi San. Mereka bertemu di istana ketika Yi San ingin bertemu ayahnya pangeran mahkota Sado ketika dia sedang di kurung dalam peti beras. Song-yeon seorang damo di biro seniman. Ketika Yi San menjadi Raja Seong Song-yeon diangkat menjadi selir yang sangat dicintainya.

Sejarah. Seong Song-yeon. Dia adalah selir raja Jeongjo. Anak perempuan dari Seong Yun-u dan Lady Im. Dia tidak mendapatkan gelar bangsawan kerajaan sampai putranya menjadi pangeran agung pada tahun 1782. Dia meninggal pada tahun 1786 hanya sebulan setelah kematian putranya.

Lee Soon-jae as King Yeongjo

Karakter Drama. Raja Yeongjo. Dia adalah ayah dari pangerah mahkota Sado dan kakek Yi san (Raja Jeongjo). Mempunyai sifat perfeksionis, kecerdasan yang tajam, mengerti dengan baik berbagai macam topik dan segala hal ingin dilakukannya dengan cepat. Dia sangat menyesal telah menghukum anaknya didalam peti penyimpanan beras hingga tewas. Dia sangat sayang terhadap cucunya tetapi tidak bisa dia perlihatkan karena demi membentuk pribadi Yi San sehingga dapat menjadi Raja yang hebat untuk menggantikannya.

Sejarah Raja Yeongjo. Pada masa pemerintahannya dia bisa menangani masalah ekonomi akibat perang pada akhir abad 16 dan awal 17. Dibantu oleh petugas pemerintah rahasia Park Mun-su dia dapat membasmi pejabat yang korupsi. Yeongjo adalah orang pertama yang melarang kegiatan agama katolik di Joseon. Pada abad ke 18 agama katolik mulai mendapatkan pengikut terutama di propinsi Gangwon dan Hwanghae. Pada tahun 1758 dia resmi melarang agama katolik di Joseon.

Sung Hyun-ah as Princess Hwawan

Karakter drama Princess Hwawan. Mempunyai pribadi yang licik. Raja Yeongjo sangat menyayanginya, hal ini memberanikan dirinya untuk memperluas kekuatannya di kerajaan. Dia adalah orang yang mengatur rencana agar pangeran sado dihukum. Setelah kematian suaminya dia mengadopsi anak yaitu Jeong Hoo-gyeom sebagai ahli warisnya. Bersama ratu Jeongsun, dia bersekutu untuk menggulingkan Yi San dari gelar putra mahkota

Sejarah Princess Hwawan (1737 – 1808). Dia adalah anak ke-3 dari Raja Yeongjo. mengadopsi anak yaitu Jeong Hoo-gyeom pada tahun 1749. Princess Hwawan tidak memiliki hubungan yang baik dengan kakaknya yaitu pangeran mahkota Sado, karena dia iri melihat ayahnya yang begitu dekat dengan pangeran Sado. Dia bersekutu bersama ratu Jeongsun untuk menjebak Sado, sehingga dia dieksekusi. Hal ini diketahui oleh Yeongjo akhirnya dia diasingkan pada tahun 1784 dan meninggal pada tahun 1801.

Kim Yeo-jin as Queen Jeongsun

Karakter drama Queen Jeongsun. Dia adalah istri ke-2 dari raja Yeongjo. Yeongjo jatuh cinta pada Jeongsun ketika dia berusia 66 tahun. dan Jeongsun 15 tahun. dia sangat peduli pada sekitar dan cerdas. tetapi dia serakah terhadap kekuasaan. Dia sangat sayang terhadap Yi San tetapi dia memendam dendam terhadap Yi San dan akan menggulingkannya dari gelar pangeran mahkota. Dia adalah otak dari semua kejahatan dalam melawan Yi San.

Sejarah Queen Jeonsun 10 November 1745 – 12 January 1805). Dia menjadi ratu pada tahun 1759 setelah istri pertama raja Yeongjo meninggal. Dia berasal dari keluarga Kim Andong sebuah klan yang paling kaya dan berkuasa. Ratu menginginkan kekuatan yang lebih besar bahkan mencoba membunuh raja Jeongjo. Namun dia kehilangan semua pengikutnya. Pada tahun 1800 ketika cicitnya naik tahta, dia menjadi bupati dan bertanggungjawab atas perburuan agama katolik. Dia menjabat sebagai bupati sampai ia meninggal pada 12 January 1805.

Park Eun-hye as Queen Hyo-eui

Karakter drama Ratu Hyo-eui.Pada umur 10 tahun dia bertunangan dengan Yi San dan menikah pada umur 19. Dia menjadi Ratu ketika Yi San naik tahta menjadi Raja ke-22 Dinasti Joseon. Dia memiliki kepribadian yang tenang, jujur dan lembut. Dia dihormati oleh seluruh orang di istana tetapi dia tidak menyalahgunakan kekuasaannya. Sayangnya dia tidak mampu melahirkan anak. Lalu dia membantu Sung-yeon agar menjadi selir raja dan Sun-yeon berhasil melahirkan putra. Ratu Hyo-eui meninggal tak lama setelah Raja Jeongjo.

Sejarah Ratu Hyo-eui (1753–1821). Dia adalah ratu dari raja Jeongjo. Anak dari Kim Si Muk dan Lady Hong. Dia menikah dengan Yi San pada tahun 1762. Dia menjadi ratu setelah suaminya naik tahta menjadi raja pada tahun 1776. Dia tidak dapat melahirkan lalu mengangkat anak dari selir suaminya yaitu Royal noble consort Ui dan Royal noble consort Su. Dia meninggal pada tahun 1821.

Referensi

http://en.wikipedia.org/wiki/Queen_Hyoui

http://en.wikipedia.org/wiki/Yi_San

http://content.mbc.co.kr/english/drama/08/1670553_25450.html

http://en.wikipedia.org/wiki/Jeongjo_of_Joseon

http://en.wikipedia.org/wiki/Yeongjo_of_Joseon

http://en.wikipedia.org/wiki/Queen_Jeongsun

http://en.wikipedia.org/wiki/Princess_Hwawan