Genre : Drama, Romance, Historical

Format : Television series

No. of episode : 60 episode

Producer : Lee Se Joong

Written by : Kim Yi Young

Directed by : Lee Byung Hoon dan Kim Sang Hyub

Broadcaster : MBC

Sinopsis

Latar belakang drama ini yaitu pada masa pemerintahan raja Sukjong di dinasti joseon. Cerita berfokus pada Dong Yi, seorang hamba sahaya yang bekerja di biro musik. Dia mempunyai sifat yang hangat, hati yang tulus, dan mempunyai pikiran yang tajam yang dapat membantunya untuk memecahkan intrik  di istana  dan dapat membuatnya naik menjadi dayang di istana dan juga menjadi selir walaupun dia terlahir dari kalangan bawah.

Ketika sedang memecahkan masalah, Dong Yi bertemu dengan raja yang memperkenalkan dirinya sebagai hakim pengadilan. Dia sangat menikmati perlakuan Dong Yi yang menyangka dirinya sebagai hakim pengadilan yang asli dan diapun jatuh cinta kepada Dong Yi. Dia pun diberi kebaikan oleh ratu Inhyeon dan bertemu dengan Jang Heebin yang pada awalnya menjadi kawan, tetapi pada akhirnya menjadi musuhnya sendiri.

Dalam menghadapi tantangan untuk bertahan di istana dan akan diadali karena terlahir dari keluarga yang rendah dia mengumpulkan banyak sekutu termasuk cha chun soo (yang dianggap Dong Yi sebagai kakaknya, walau tidak ada hubungan darah), Seo Yong Gi (Kepala Polisi) dan dayang Jung dan Bong.

Dong Yi menjadi selir dengan tingkatan Sook-bin, melahirkan anak yang nantinya akan menjadi raja ke 21 dinasti Joseon , Yeongjo, ayah dari pangeran mahkota Sado (yang dibunuh karena dikurung di dalam sebuah kotak sebagai hukuman oleh Yeongjo), dan kakek dari Yi san raja dinasti Joseon ke 22.

Cuplikan Drama Dong Yi

Analisis

Ide Cerita

Ide cerita dari drama ini diambil pada masa pemerintahan Raja Sukjong, Raja ke 19 pada masa dinasti Joseon. Drama ini menceritakan segala intrik yang terjadi didalam istana dan cerita berfokus pada Dong Yi dari dia kecil hingga dewasa dan menjadi selir raja tingkat tinggi. Dilihat dari ciri-cirinya drama ini termasuk drama saeguk karena ceritanya diilhami dari sejarah tertulis dan tokoh utama benar-benar ada dalam sejarah. Namun, drama ini dimasukkan unsur-unsur fusion yang lebih ringan agar penonton tidak bosan ketika menonton drama sejarah. Contohnya bisa dilihat Tokoh raja di Dongyi dibuat lebih manusiawi, santai dan tidak jaim. Sedangkan di beberapa saeguk.apalagi saeguk era joseon, tokoh raja kebanyakan digambarkan jaim. Bahkan di Dongyi ada adegan kissu (lompatan yang cukup besar, mengingat genrenya yg pure saeguk).

Karakter dalam drama dan karakter dalam sejarah

Han Hyo-joo as Dong Yi/Consort Suk

Karakter utama dalam drama ini yaitu Dong yi atau sekarang dikenal dengan nama Consort Suk (1670 – 1718) adalah selir dari raja Sukjong. Dia diangkat menjadi selir tertinggi pada tahun 1699 dengan gelar SukBin. Meninggal pada umur 49 tahun di rumah pribadinya. Dia mempunyai anak bernama pangeran Yeoning yang akan menjadi raja dinasti Joseon yang ke-21 (Raja Yeongjo).

Ji Jin-hee as King Sukjong

Raja Sukjong (15 August or 8 September 1661 – 13 July 1720) adalah raja ke-19 dinasti Joseon pada tahun 1674-1720. Raja Sukjong adalah politikus yang cerdas. Dia memperbarui kebijakan pajak dan membolehkan kalangan menengah dan anak dari selir untuk mendapatkan jabatan tertinggi di propinsi  Dia meninggal pada tahun 1720.

Lee So-yeon as Jang Hui-bin

Jang Hu-bin/Jang Ok-jeong menjadi dayang istana untuk permaisuri Jangnyeol (Ratu kedua Raja Injo) atas rekomendasi dari Pangeran Dongpyeong (Sepupu pertama Raja Sukjong). Raja Sukjong bertemu dengan dayang Jang, diapun jatuh cinta dan menjadikan dayang Jang sebagai selirnya. Setelah melahirkan putranya dia diberi gelar Hui-bin pada tahun 1688. Saat ratu Inhyeon diasingkan Hui-bin menjadi ratu ketiga raja Sukjong dan putranya diangkat menjadi pangeran mahkota. Dia diturunkan kembali menjadi Hui-bin pada tahun 1694 karena raja Sukjong mengetahui bahwa Hui-bin yang membunuh ratu Inhyeon dengan cara memakai ilmu hitam. Dia pun meninggal karena racun pada umur 42 tahun.

Park Ha Sun as Queen Inhyeon

Ratu Inhyeon (1667–1701) adalah ratu ke-2 dari raja Sukjong. salah satu ratu yang terkenal pada masa dinasti Joseon. Dia menikah dengan Raja Sukjong pada tahun 1681 ketika berumur 14 tahun. Dia diasingkan dan digulingkan karena menentang Raja Sukjong untuk menjadikan putra Jang Hui-bin menjadi putra mahkota. Namun pada tahun 1694 Sukjong merasa menyesal terhadap tindakannya dan mengembalikan Ratu Inhyeon ke dalam istana dan menjadikannya ratu kembali. Pada tahun 1701 ketika berumur 34 tahun dia sakit dan akhirnya meninggal yang penyakitnya tidak dapat diketahui.

Referensi

http://en.wikipedia.org/wiki/Queen_Inhyeon

http://en.wikipedia.org/wiki/Dong_Yi_%28TV_series%29

http://en.wikipedia.org/wiki/Sukjong_of_Joseon

http://en.wikipedia.org/wiki/Consort_Suk_of_the_Choe_clan

http://en.wikipedia.org/wiki/Jang_Hui-bin

http://www.korea.net/NewsFocus/Culture/view?articleId=99289